Tentang SRK

1.1 Latar Belakang

Indonesia merupakan daerah yang sering mengalami bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor, banjir, angin topan, tsunami dan kekeringan. Hal ini disebabkan oleh letak  geografis Indonesia yang berada pada jalur pegunungan mediterania yaitu jalur yang didalamnya banyak terdapat gunung  berapi aktif.

Begitu beragamnya suku bangsa yang mendiami negara kepulauan ini juga berpotensi menimbulkan terjadinya bencana sosial seperti konflik antar kelompok atau antar komunitas masyarakat serta teror.
Selain bencana alam dan sosial, topografi alami, maraknya deforestasi, praktik pertambangan dan monokultur seperti perkebunan sawit juga berpotensi memicu terjadinya bencana ekologis di Indonesia.
Kerugian yang ditimbulkan oleh bencana tersebut tidaklah sedikit, bukan hanya kerugian dalam bentuk harta benda tapi juga korban jiwa. Banyak dari antara para korban bencana yang selamat harus kehilangan tempat tinggal sehingga akhirnya menjadi pengungsi dan mengalami keterbatasan dari segi fasilitas dan pangan.
Kepedulian terhadap para korban bencana alam tersebut pada akhirnya menggerakkan Konggregasi Misi (CM) di Indonesia beserta para relawannya untuk meringankan beban penderitaan mereka dengan cara terlibat langsung dalam penanganan korban pasca bencana.

1.2. Sejarah singkat organisasi

Pada awalnya Solidaritas Relawan Kemanusiaan merupakan para relawan CM di Indonesia yang terlibat dalam penanganan bencana yang terjadi sejak tahun 2001 diantaranya:
  • Konflik Timor Timur di Atambua (2001)
  • Konflik etnis Dayak – Madura (2001)
  • Banjir di Blitar (2005)
  • Bencana Tsunami di Aceh (2005-2006)
  • Gempa Yogyakarta (2006)
  • Banjir di Cepu, Bojonegoro, Lamongan, dan Pasuruan (2007 dan 2008)
  • Gempa Padang (2009)
  • Letusan gunung Merapi (tahun 2010)
Karena dirasa perlu untuk membuat sebuah wadah yang secara khusus berhubungan dengan penanganan bencana maka pada tahun 2011 para relawan CM bergabung dalam Yayasan Kasih Bangsa Surabaya sebagai salah satu divisi dengan nama Divisi Solidaritas Relawan Kemanusiaan sampai dengan saat ini.

BAB II – Profil organisasi

 2.1. Sekilas tentang SRK
Visi: solidaritas, kemanusiaan, kerelawanan, non diskriminatif
Misi:
1.      Menumbuhkan rasa solidaritas
2.      Melayani para korban bencana dengan prioritas korban langsung, terdampak dan terimbas
SOLIDARITAS RELAWAN KEMANUSIAAN bergerak dan terlibat langsung dalam penanganan bencana baik dalam bentuk pengerahan SDM (relawan) maupun dana dan suplai logistik yang dibutuhkan oleh korban bencana dan sesuai kebutuhan di lapangan.
SOLIDARITAS RELAWAN KEMANUSIAAN dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam penanganan bencana mengadakan pelatihan relawan dan bekerjasama dengan kelompok-kelompok lain untuk menjadi mitra kerja atau jaringan.
SOLIDARITAS RELAWAN KEMANUSIAAN bergerak berdasarkan rasa solidaritas yang berfokus pada tanggap darurat bencana I yaitu 30 hari setelah bencana, tergantung dari keadaan tiap bencana, yang meliputi bencana alam, sosial dan ekologis.
Sasaran SRK:
  1. Korban bencana langsung, terdampak dan terimbas
  2. Kelompok rentan : difable, orang tua, ibu dan anak
 

2.2. Data singkat SRK

  • N a m a                         : SOLIDARITAS RELAWAN KEMANUSIAAN
  • Alamat Kantor               : JL. Kinibalu 41 Surabaya 60252 
  • Alamat e-mail                : sekretkasihbangsa@gmail.com, solidaritasrelawan@gmail.com    
  • No Telepon/Fax             : 031-5465436